Penerapan Waste Management pada Proyek Konstruksi

I Gusti Putu Adi Suartika Putra

Abstract


Dalam merencanakan dan merealisasikan pembangunan berkelanjutan diperlukan totalitas dari tim proyek, salah satunya dengan menerapkan manajemen sisa bangunan akibat tahap konstruksi dan perusakan bangunan. Manajemen sisa bangunan atau Waste Management penting diperhatikan oleh pelaksana pembangunan (dalam hal ini kontraktor) dimulai pada saat estimasi hingga pelaksanaan di lapangan. Hal ini dilakukan agar limbah yang dihasilkan dapat seminimal mungkin dan tentunya berpengaruh pada efisiensi penggunaan material dan biaya yang akan dikeluarkan untuk pengadaan material maupun pengelolaan dan pengolahan limbahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penerapan waste management pada proyek konstruksi dan penanganan sisa material konstruksi dari proses pembangunan. Pada pelaksanaannya pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner di lapangan kepada 40 project manager dan pengamatan di lapangan yang dibatasi pada pekerjaan pemotongan besi untuk penulangan kolom, balok dan plat lantai serta pengecoran. Pengamatan masing-masing dicari 15 data pengamatan yang mewakili. Perhitungan kuisioner menggunakan analisis deskriptif sedangkan untuk mendapatkan sisa material pemotongan besi dan pengecoran digunakan perhitungan sederhana. Dari hasil penyebaran kuisioner diketahui bahwa klasifikasi peringkat tertinggi dalam penerapan waste management pada proyek konstruksi adalah reduce (pelatihan kepada pekerja dalam penggunaan peralatan seefisien mungkin).


Keywords


waste management; persentase; reuse; proyek konstruksi

Full Text:

PDF

References


Ervianto. (2010). Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Tinjauan Pada Tahap Konstruksi, Seminar Konferensi Teknik Sipil IV-2010, Universitas Udayana Bali, 2-3 Juni 2010.

Ervianto. (2010). Studi Penerapan Konsep Green Building Pada Industri Jasa Konstruksi, Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil VI-2010, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 27 Januari 2010.

Ervianto. (2004). Teori - Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Skoyles, E.F., Material wastage: A misuse of resources, Building Research and Practice, July/April 1976.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/civronlit.v6i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Civronlit Unbari
Publisher: Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122, Phone: 0741-668280, email: civronlit.unbari@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.