Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Konstruksi Pengendali Banjir di Kawasan Sungai Bungus Kecamatan Bungus Teluk Kabung

M Arifin, Taufika Ophiyandri, Bambang Istijono

Abstract


Banjir adalah suatu kondisi dimana tidak tertampungnya air dalam saluran pembuang (palung sungai) atau terhambatnya aliran air di dalam saluran pembuang, sehingga meluap menggenangi daerah (dataran banjir) sekitarnya. Langkah yang dilakukan pemerintah adalah dengan pengadaan konstruksi pengendali banjir dengan tujuan mengurangi bahkan menghilangkan ancaman banjir tersebut. Konstruksi pengendali banjir yang sudah ada di sungai tersebut adalah normalisasi dan checkdam. Penelitian ini membahas tentang kepuasan masyarakat terhadap pengadaan konstruksi pengendali banjir di Sungai Bungus tepatnya pada Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Hasil studi menyimpulkan bahwa manfaat dan kepuasan yang dirasakan masyarakat berbeda dari kedua konstruksi pengendali banjir yang ada di Sungai Bungus tersebut. Masyarakat merasa tidak puas dengan konstruksi normalisasi dan dirasakan belum bermanfaat. Namun, setelah adanya konstruksi checkdam masyarakat menjadi puas dan masyarakat secara keseluruhan sudah merasakan adanya manfaat dari konstruksi tersebut.


Keywords


Banjir, Konstruksi Pengendali Banjir, Normalisasi, Checkdam

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, A. 2010. Simulasi Pemilihan Desain dan Perencanaan Teknis Retarding Pond di Kelurahan Mintaragen Kota Tegal. Universitas Diponegoro. Semarang.

Badan Pusat Statistik Kota Padang. 2017. Kecamatan Bungus Teluk Kabung Dalam Angka. Padang.

Badan Pusat Statistik Kota Padang. 2016. Statistik Daerah Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Padang.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 02 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana.

Prasetyo, Bambang dkk. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan dan Penelitian Evaluasi. Bandung. Alfabeta.

Supranjo, J. 1998. Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/civronlit.v5i1.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Civronlit Unbari
Publisher: Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122, Phone: 0741-668280, email: civronlit.unbari@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.