Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Dan Waktu Menggunakan Metode Building Information Modeling Pada Gedung Kamar Operasi RSUD Haji Abdoel Madjid Batoe Kab. Batanghari

Rosita Gina Rosani, Fakhrul Rozi Yamali, Annisaa Dwiretnani

Abstract


Building Information Modeling (BIM) adalah sebuah pendekatan untuk desain bangunan, konstruksi, dan manajemen. Ruang lingkup BIM ini mendukung dari desain proyek, jadwal, dan informasi-informasi lainnya secara terkordinasi dengan baik. Software Tekla merupakan revolusi baru dalam bidang rekayasa struktur yang memiliki beberapa keunggulan dibanding program aplikasi lainnya. Tekla Structures merupakan perangkat lunak BIM yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola data secara akurat dan rinci. Tekla BIM  merupakan software yang dapat membantu kontraktor untuk mengelola resiko dari biaya-biaya yang tidak terduga dan hilangnya waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan gedung Kamar Operasi RSUD Haji Abdoel Madjid Batoe Kab. Batanghari dengan software BIM (Tekla Structures 2019) dalam bentuk 3D dan 4D dan memberi masukan bahwa dengan menggunakan BIM suatu proyek akan menghemat waktu, biaya, dan sumber daya manusia. Hal pertama yang dilakukan pada pemodelan ini adalah pembuatan grid sesuai dengan dimensi yang terdapat pada as build drawing. Setelah membuat grid maka selanjutnya melakukan pemodelan, 4D. Diatas grid dimulai pemodelan kolom. Pemodelan dilanjutkan kebagian pembalokan lantai dan slab lantai 1. Setelah lantai 1 selesai, dilanjutkan lagi pemodelan lantai 2 dimulai dari pembalokan, slab lantai 1, dan kolom. Dalam pemodelan dengan software Tekla Structures 2019, dimensi dan jenis bahan yang digunakan dapat dipilih langsung pada masing-masing bagian. Pada software Tekla Structures 2019 terdapat tools yang sangat membantu dalam pemodelan, pembuatan 4D, dan juga mempermudah pengecekan bagian apabila terjadi kesalahan. Pemodelan 4D yang didalamnya terdapat informasi-informasi dapat disimpan dalam satu file yang akan tersimpan secara rapi dan tidak tercecer sehingga pada saat pelaksanaan pekerjaan akan menghemat waktu.


Keywords


Building Information Modeling; Konstruksi; Konstruksi Manajemen; Pemodelan; Tekla Structures.

Full Text:

PDF

References


Akhirson, A.K. (2000). Pengantar Manajemen Proyek. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Eastman, C.M. Teicholz, P. Sacks, R. and Liston, K. (2008). BIM Handbook: A Guide To Building Information Modeling for Owners, Managers, Enggineers, and Contractors. New Jersey: John Wiley & Sons.

Edora F. (2020). Penerapan Building Information Modeling (BIM) pada Pembangunan Struktur Gedung IT Batusangkar dengan Menggunakan Software Tekla Structures. Jurnal. Bogor: Program Sarjana Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Ilham, R.M. (2020). Perencanaan Ulang Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan Gedung Perkuliahan dengan Menggunakan Metode BIM. Jurnal. Jember: Program Sarjana Fakultas Teknik Universitas Jember.

Mumoko, J. (1994). Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Ozorhon, & Karahan. (2016). Critical Success Factors of Building Information. Journal of Management in Engineering.

PUPR, k. (2018). Modul 5 Pemodelan 3D-7D Simulasi dan Load. Pdf.

Rahma, S. (2019). Perencanaan Penjadwalan dan Pemodelan dengan Metode Building Information Modeling (BIM). Jurnal. Jember: Program Sarjana Fakultas Teknik Universitas Jember.

Schueller, F. (1989). Highrise Building Structure. PT Eresco.

SNI 7394 : 2008. Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan Gedung dan perumahan.

Widiasanti, I. dan Lenggogeni. (2013). Manajemen Konstruksi. Edisi Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/civronlit.v7i2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Civronlit Unbari
Publisher: Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122, Phone: 0741-668280, email: civronlit.unbari@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.